Health and Beauty, Parenting

Yuk, Mulai Ajarkan Anak Cara Merawat Gigi yang Baik

Memiliki gigi yang sehat adalah keinginan semua orang. Untuk mendapatkannya, tentu diperlukan perawatan sejak dini. Dengan begitu, pada saat dewasa nanti gigi akan tetap sehat dan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk perawatannya. Sayangnya, mengajarkan kesehatan gigi pada anak bukanlah hal yang mudah. Apalagi saat berada di Taman Hiburan Keluarga di Jakarta, biasanya di sana akan tersedia banyak sekali makanan manis yang pastinya tidak baik untuk kesehatan gigi.gigi sehat

Meskipun begitu, mengajarkan anak merawat gigi sejak dini tetap harus dilakukan. Apalagi, pada gigi terdapat banyak saraf yang harus dijaga kesehatannya. Nah, untuk Anda yang sedang bingung bagaimana cara mengajarkan anak merawat gigi, Anda bisa coba mengajak anak ke Kidzania.

Kidzania adalah sebuah tempat wisata edukasi di Jakarta yang dengan banyak profesi di dalamnya. Anak bisa mencoba salah satu establishment yang berhubungan dengan gigi, yaitu Dental Clinic. Dalam establishment ini, anak akan berperan sebagai dokter gigi yang harus merawat pasiennya. Tenang saja, pasien yang akan dirawat oleh anak aadalah boneka yang sudah di set sehingga menyerupai pasien dokter gigi sungguhan.

Selain itu, dalam establishment ini anak juga akan diajarkan bagaimana cara merawat gigi yang baik, apa saja yang bisa merusak gigi, dan bagaimana menangani gigi yang sedang sakit. Pengetahuan yang diberikan pada anak selama berperan sebagai dokter gigi ini, dapat membantu anak untuk menerapkannya pada dirinya sendiri.

Namun, cara ini tidak akan efektif tanpa peran aktif dari orangtua. Anda sebagai orangtua juga wajib untuk mengajak anak secara aktif menerapkan ilmu yang telah didapatkan anak tersebut. Tentu saja, Anda harus bisa mengajak anak dengan cara yang menyenangkan dan Anda sebagai orangtua juga wajib memberikan contoh yang baik.

Latihan merawat gigi ini sebaiknya dimulai sejak anak mulai duduk di bangku sekolah dasar, di mana anak mulai paham ketika diminta untuk melakukan sesuatu. Jadikan perawatan gigi ini sebagai kebiasaan sehingga anak akan merasa tidak nyaman sendiri jika tidak melakukannya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *