speaker mobil
Automotive

Yuk, Rutin Bersihkan Speaker Mobil Supaya Tak Berdebu!

Anda pasti menggunakan speaker di mobil pribadi ataupun truk tambang, kan? Selain bisa digunakan untuk mendengar musik, speaker pun berguna untuk mempercantik bagian interior mobil. Biasanya, speaker ini kerap diletakkan di bagian depan ataupun kursi belakang mobil sehingga membuatnya mudah terkena debu. Jika tidak rutin dibersihkan, tentu nantinya debu yang menempel tersebut dapat mengganggu suara speaker.

Untuk itu, rajinlah selalu membersihkan speaker mobil dengan melakukan beberapa cara penting berikut ini, here we go! (disadur melalui: showroommobil)

  1. Bersihkan dengan kuas. Pertama, bersihkan speaker menggunakan kuas. Haruskah? Yap, karena dengan mengunakan kuas maka dapat menjangkau bagian tersulit. Meskipun begitu, pastikan Anda tidak menggunakan kuas basah lantaran dikhawatirkan nanti malah dapat merusak speaker akibat kemasukan air dari kuas tersebut. Kalau speaker rusak, Anda tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit ketika memperbaikinya.
  2. Lap. Tidak hanya kuas, Anda pun bisa membersihkan debu dengan kain lap. Namun, pilihlah lap dengan tekstur lembut, tujuannya agar nanti kain tersebut tidak merusak bagian luar dari speaker. Dan sama halnya dengan kuas, usahakan lap tersebut dalam keadaan kering alias tidak basah karena jika basah nanti malah air masuk ke speaker dan bisa merusak bagian dalamnya.
  3. Vacuum cleaner. Kalau kedua alat sebelumnya dianggap sulit, maka Anda bisa membersihkan speaker menggunakan vacuum cleaner. Seperti diketahui, vacuum cleaner sendiri bermanfaat untuk mengangkat semua debu yang menempel pada speaker. Meskipun begitu, saat memakai alat satu ini, usahakan untuk tidak menekan volume yang terlalu kencang karena ditakutkan nanti malah dapat mengangkat bagian dalam speaker.
  4. Tisu. Tisu pun cocok dijadikan sebagai media untuk membersihkan speaker. Namun, paling cocoknya adalah membersihkan tweeter speaker (soft dome) yang memiliki permukaan sangat tipis dan mudah robek. Saat membersihkannya, pastikan untuk selalu berhati-hati dan jangan sampai terburu-buru. Kalau Anda asal dalam pembersihan, maka dikhawatirkan tweeter speaker bisa rusak dan menghambat suara yang dikeluarkan oleh speaker tersebut.

Itulah cara mudah yang bisa dicoba agar speaker di mobil Anda tidak berdebu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *